Ineu : Jalur Alternatif Perlu Diperhatikan


Bandung, GB - Keberadaan jalur alternatif di Jawa Barat dirasa perlu untuk memperlancar arus mudik masyarakat. Pasalnya, Jabar menjadi perlintasan bagi warga yang hendak menuju kampung halamannya.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, pemerintah dan pihak terkait lainnya harus serius dalam menyiapkan jalur alternatif untuk mudik. Dinas Perhubungan beserta Dinas Bina Marga harus memiliki program terkait itu.

Ineu menjelaskan, di Jabar terdapat tiga jalur mudik yang sering dilalui pemudik, yakni utara, tengah, dan selatan. Selama ini, perhatian terhadap jalur-jalur tersebut sudah tergolong baik.

"Tapi juga jalur alternatif mudik di Jabar harus juga diperhatikan," kata Ineu di Bandung, Rabu (24/6). Ine menyontohkan, salah satu jalur alternatif yang harus diperhatikan adalah Jalan Cijapati yang menjadi jalur alternatif di selatan Jabar.

"Kami berharap dengan diperhatikannya keberadaan jalur alternatif mudik ini akan membuat pemudik nyaman dan terhindar dari bahaya. Biasanya fasilitas di jalur alternatif ini tidak memadai seperti penerangan atau kondisi jalan," katanya.

Ineu pun mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Komisi IV DPRD Jabar untuk terus memantau seluruh jalur mudik tahun ini. "Teman-teman di Komisi IV sudah jauh-jauh hari memantau. Telah meninjau tol Cipali dan jalur mudik lainnya," katanya.

Lebih lanjut, Ineu mengimbau pemudik agar lebih berhati-hati. Hal ini harus diperhatikan benar demi keselamatan bersama. "Berkendara lebih hati-hati, jangan mengabaikan aturan," pungkasnya.