Kebakaran BIP Renggut 5 Korban

Simulasi Kebakaran Mall BIP (foto:Mal)
Bandung, GB - Ratusan karyawan perbelanjaan Bandung Indah Plaza (BIP) dari gedung berlantai empat, pasalnya, salah satu Mall terbesar di Kota Bandung tersebut terjadi pagi sekitar pukul 9.00 terbakar tepat dilantai 3 dimana sumber api berasal  dekat gedung biodskop XXI.
 
Petugas dari Dinas Kebakaran Kota Bandung sigap melakukan evakuasi, beruntung saat terjadi kebakaran  karyawan dan pengunjung BIP belum banyak yang datang  sehingga proses evakuasi berjalan lancar.
 
Kebakaran tersebut mengakibatkan 5 orang korban patah kaki dan luka bakar. Selidik punya selidik, ternyata kebakaran tersebut hanya simulasi.
 
“Kegiatan simulasi ini, merupakan agenda rutin BIP, guna mengantisipasi bencana kebakaran. Jika terjadi hal yang tidak kita inginkan, semuanya sudah siap,”  jelas Andri Wibowo Asst Marketing  Communication 
Manager BIP Kepada wartawan disela kegiatan kemarin.

Pihaknya menurunkan petugas keamanan, cleaning service dan tenant. “Kegiatan dimulai jam 9 pagi dan selesai jam 10. Semuanya berjalan lancar dan sukses, padahal karyawan tidak tahu sama sekali kegiatan ini,” tambah Andri.

Selain itu menurut Asep Rahmat, kepala Seksi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, BIP merupakan salah satu mall yang memiliki peralatan yang lengkap. Selain itu, Petugas dan karyawan  BIP bagus dalam koordinasi antara petugas dengan petugas lainnya.
 
Secara keseluruhan kegiatan simulasi ini sudah bagus. Namun yang jadi catatanpetugas keamanan harus terus meningkatkan kewaspadaan, jangan sampai ada orang masuk untuk menjarah,” Kata Asep.
 
Materi yang diberikan oleh Damkar antara lain penanggulangan dan penanganan. Skenarionya pihak BIP menelpon damkar, sesuai SOP petugas langsung berangkat.
 
 “Pelayanan minimal 5 menit, namun Alhamdulillah tadi dalam waktu 8 menit kita sudah sampai BIP,” pungkas Asep. red