Marka Jalan Tol Cipali Belum Lengkap

Bandung, GB - DPRD Jawa Barat merasa bersyukur atas beroperasinya jalan tol Cikopo-Palimanan sejak Sabtu (13/6). Hal ini dipastikan mampu mengurai kemacetan di jalur utara Jabar yang selama ini kerap terjadi.

Ketua Komisi IV DPRD Jabar Ali Hasan mengatakan, jalan tol tersebut memiliki manfaat yang sangat besar. "Mengurangi kepadatan. Waktu (tempuh) jadi singkat cuma dua jam, kepadatan terurai," kata Ali usai menghadiri rapat paripurna DPRD Jabar, di Gedung DPRD Jabar, Bandung.

Ali pun meminta pengembang jalan tol tersebut segera menyempurnakan pekerjaannya. Pasalnya, meski telah beroperasi, jalan tersebut masih banyak kekurangan seperti belum adanya rambu lalu lintas dan area peristirahatan.

Selain itu, Ali pun meminta pihak terkait segera menuntaskan pembayaran ganti rugi kepada warga yang lahannya tergusur akibat pembangunan jalan tol tersebut. "Kalau kita lihat informasi yang muncul, ada beberapa warga yang belum dibayar pembebasan lahannya. Segera diselesaikan, kan Pak Presiden malu yang sudah meresmikannya," ucapnya.

Lebih lanjut Ali katakan, pengguna jalan tol Cipali harus berhati-hati mengingat minimnya belokan di jalan tersebut. Dengan medan jalan yang lurus, pengemudi terpancing untuk terus meningkatkan kecepatan kendaraan.

Selain itu, kata Ali, jalanan lurus pun memancing pengemudi menjadi ngantuk. "Sehingga harus hati-hati. Dan di mana pun memang harus hati-hati," katanya.