Pemerintah Genjot Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan

Bandung, GB - Pemerintah melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan berkomitmen untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Untuk menggenjot peningkatan konsumsi ikan dibutuhkan partisipasi dari berbagai elemen masyarakat. Oleh karenanya, dibentuk Forum peningkatan konsumsi ikan.

Hal tersebut, diungkapkan Sekretaris Dirjen Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan Kementerian Perikanan dan Kelautan, Sadulah Muhdi di Gedung Sate, Selasa (30/6).

Menurut Sadulah Forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) sudah terbentuk di 30 Provinsi dan 140 Kabupaten/Kota bahkan Di beberapa Provinsi seperti Jateng dan Jatim, Forikan sudah terbentuk sampai ke tingkat desa/kelurahan Forikan sendiri dalam teknis operasionalnya bekerja sama dengan PKK. Keberadaan Forikan di Jabar, dinilai akan memberikan manfaat sangat besar mengingat potensi perikanan di Jabar sangatbesar.

Sementara itu, Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan mengatakan di Jabar potensi ikan sangat besar. Hal yang diperlukan saat ini. Peningkatan konsumsi ikan di masyarakat Adapun langkah yang dibutuhkan adanya sosialisasi gemar makan ikan kepada masyarakat. Dengan kehadiran Forikan, sosialisasi bisa dilakukan oleh masyarakat secara luas.

Sementara it, Kadis Perikanan dan Kelautan Jabar, jafar Ismail mengatakan di Jabar dalam tahun 2014 tingkat konsumsi ikan mencapai 24 KKAl per tahun. Di tahun 2015, tingkat konsumsi ikan ditargetkan dapat mencapai 27 KKal per tahun

Program peningkatan konsumsi ikan di Jabar sudah ada dan direalisasikan dalam  beberapa kegiatan