PT Len Akan Bangun Pabrik Kabel Serat Optik

Bandung, (GB) -  PT Len Industri (Persero) bekerjasama dengan Newstar Energy International, Pte, Ltd (NEI- Singapura) dan Ahcof International Developmentco.Ltd, (China) akan membangun pabrik kabel fiber optic melipui desain, Assembly dan manufaktur bertempat di Len Technopark, Subang, Jawa Barat.
 
Penendatangan memorandum of understanding (MoU) kerjasama  dilakukan oleh Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Abraham Mose, Direktur  NEI Sari Handayani, dan Direktur Ahcof Zhu Liang yang dilakukan di PT Len Industri (Persero) Jl. Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat.
 
Diungkapkan Abraham Mose, dalam hal ini Len akan menyediakan lahan [pabrik dan utilitasnya, mengatur masalah regulasi dan lisensi produk, menyediakan SDM, melakukan proses produksi dan mencari pasar pemerintah. Kemudian NEI sendiri berperan untuk pembangunan konstruksi gedung dan pabrik  serta mencari pasar baik swasta lokal maupun dikawasan Asia. Sedangkan Ahcof akan berperan sebagai penyediamesin dan peralatan produksi serta raw materials produk untuk memenuhi kebutuhan pasar.
 
Pabrik fiber optic ini akan dibangun diatas lahan  seluas 2500 m2 dan ditargetkan beroperasidalam 5 bulan kedepan
 
“Kami akan menggenjot pembangunan pabrik ini, targetnya awal tahun2016 sudah bisa beroperasi, karena sudah ada kostumer yang akanmenggunakan produk kami,” ujar Abraham usai Penandatangan MoU, kepada wartawan.
 
Tujuan pembangunan pabrik fiber optic ini untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, yang saat ini dinilai cukup besar, dan tidak menutup kemungkinan juga untuk ekspansi pasar ke Asia Tenggara karena masifnya pembangunan infrastuktur telekomunikasi di kawasan Asia Tenggara saat ini, salah satunyapembangunan broadband akses menggunakan fiber optic.
 
Selain itu menurut Abraham, Len Technopark merupakan pengembangan pertama yang dilakukan oleh PT Len untuk memperluas fasilitas produksi perusahaan dengan menggunakan lahan seluas 10 Ha (tahap I) di Subang
 
“Dilahan ini juga Len Sedang membangun fasilitas produksi untuk lini bisnis elektronika pertahanan berupa penggarapan proyek Rudal rapier (Radar Anti Serangan Udara) dan Len Technopark diproyeksukan menjadi lokasi pebrik solar cell berkapasitas 60MWp/ tahun merupakan pengembangan kapasitas produksi eksisting sekarang 10MWp/tahun,” Pungkasnya. JM