Indonesia FEALAC Youth Conference 2015

Bandung, (GB) - Sekitar 400 pemuda berkumpul pada Public Conferece Indonesia FEALAC Youth Conference (IFYC) 2015 dalam rangka memperkuat hubungan antar kawasan Asia Timur-Amerika Latin.

Public Conference kali ini dihadiri oleh 100 peserta IFYC 2015 yang berasal dari 30 negara  dari total 36 negara anggota FEALAC  (Forum for East Asia-LAtin America Cooperation) dan 300 pemuda perwakilan dari seluruh Indonesia di Gedung Merdeka, jalan Asia Afrika, Bandung Senin (21/09/15).

Sebagai hasil konkret dari IFYC 2015, para delegasi akan mebacakan deklarasi berisi  komitmen dan harapan para pemuda untuk meningkatkan peran mereka dalam kerja sama antar kawasan Asia timur dan Amerika Latin di FEALAC. Dalam deklarasi disebutkan komitmen unruk memperkuat kerjasama antar pemuda antara lain dalam bidang lingkungan hidup, kewurausahaan, pembangunan sosial, dan pemberdayaan pemuda.

Deklarasi tersebut akan diserahkan ke pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemntrian Pemuda dan Olahraga, Pada Acara penutupan di Gedung sate, Bandung.

Selain itu delegasi berkesempatan untuk bertatap muka dengan Walikota Bandung, Ridwan Kamil pada jamuan makan malam di Pendopo Rumah Dinas Walikota Bandung.

Dalam Sambutannya, Ridwan Kamil menyampaikan harapan agar para pemuda sebagai agent of change dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk membawa perubahan yang positif.

"Banyak hal dapat dipelajari dari negara di Amerika Latin, karena mayoritas kota-kota di Amerika Latin menduduki peringkat teratas dalam hal penduduk kota terbahagia di dunia," Ujar Emil sapaan akrab Walikota Bandung.

Emil menambahkan, negara-negara Asia Timur dianggap memilki penduduk optimis didunia, sehingga kerjasama dari pemuda kedua kawasan akan menjadi suatu kolaborasi yang kuat untuk menciptakan penduduk yang bahagia dan optimis.

Selain sesi workshop dan diskusi, para delegasi juga mengenal kota Bandung beserta budaya yang dimiliki melalui program field trip ke saung angklung Udjo dan Batik Komar. tan