Demiz: Gebrak Wujud Kecintaan Masyarakat

Bandung, (GB) - Plh.Gubenrur Jabar Deddy Mizwar menanam pohon di pinggir sungai Citarum di daerah Cigebar Baleendah Kabupaten Bandung, Kamis (1/10).

Penanaman pohon itu dilakukan dalam acara Eco Village yang diinisasi BPLHD Jabar. Sebelum menanam pohon, Deddy Mizwar juga melakukan ritual Awor Cai, yaitu menyiramkan air bersih ke Sungai Citarum. Air bersih tersebut diambil dari beberapa mata air yang dikemas dalam botol kemasan.

“Saya sangat mengapresiasi gerakan budaya raksa  (Gebrak) Citarum ini, sebagai wujud kecintaan masyarakat pada sungainya yang sudah rusak seperti Citarum.

Memang ini bukan langkah besar, tetapi yang terpenting adalah selalu ada upaya untuk membuat Citarum lebih baik” ujarnya.

Acara yang digelar di bekas pembuangan sampah itu juga dimeriahkan dengan orasi budaya dari Tisna Sanjaya yang mengungkap tentang filosifi air, pembacaan puisi dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu Wagub Jabar juga menanam pohon "pucuk merah" bersama dengan Kepala BPLHD Jabar Anang Sudarna dan Wakil Bupati Bandung Deden Rukman Rumaji.