Cigadung Jadi Kampung Batik

Bandung, GB - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberi pengarahan sekaligus meresmikan kegiatan membatik dan pondok pesantren Al Ikhwan di Jalan Cigadung Raya Timur, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Sabtu (23/01/2016).

Ridwan mengatakan upaya yang telah dilakukan pesantren Al Ikhwan dalam menggabungkan kegiatan santri dengan kegiatan keekonomian merupakan salah satu upaya yang luar biasa.

"Ini adalah upaya luar biasa dari pesantren Al Ikhwan yang menggabungkan kegiatan santrinya dengan kegiatan ekonomi kreatif beruapa pelatihan membatik," ujarnya.
Ridwan Berharap dengan adanya kegiatan tersebut, selain soleh warganya pun memiliki skill ekonomi kreatif.

"Bandung kan kota wisata maka saya deklarasikan desa cigadung ini sebagai kampung batik kan kita ada program kampung wisata, dalam setahun harus ada perubahan," katanya.

Lanjut Ridwan, selain itu banyak juga pengusaha UMKM yang bisa dibantu dengan program pemerintah untuk pinjaman tanpa bunga yaitu Kredit Melati.

Tak hanya itu program ini juga telah berkolaborasi dengan pihak swasta yang ingin mendukung perubahan. Untuk pemasaran pemerintah kota (pemkot) Bandung juga telah melalukan kerjasama dengan Facebook dengan menyediakan Bandung Store.

Kedepannya menurut Ridwan, untuk promosi melalui Disbudpar akan ada paket wisata kampung batik sehingga ragan wisata di Kota Bandung semakin beragam.

"Kalau sistemnya udah bagus, nanti kalau ada wisatawan datang, kampung ini bisa menjadi pilihan, jadi kemana pun kita pergi Bandung tidak seragam, ada banyak pilihan," pungkasnya.