Kapolda Jabar Buka Syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke – 68 Tahun 2023

Bandung, –
Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus S.I.K., M.Si., M.M.membuka acara syukuran perayaan HUT Lalu Lintas ke 68, bertempat di Aula Dit Lantas Polda Jabar, Senin (25/9/2023).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatmiko, Waka Polda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi, Pejabat Utama Polda Jabar, Dan Denpom 3 Matra serta para tamu undangan.

Pada perkembangannya, lalu lintas memiliki fungsi penting dalam mendukung pembangunan nasional.
Lalu lintas tidak hanya dipahami sebagai gerak pindah orang dan barang, namun juga sebagai urat nadi kehidupan, serta cermin budaya, modernitas, dan kemajuan suatu bangsa.

“Kita patut bersyukur, dalam usia yang ke-68 tahun, jajaran lalu lintas Polda Jawa Barat terus menunjukan capaian kinerja yang baik. berkontribusi besar dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan kegiatan masyarakat khususnya di wilayah provinsi Jawa Barat sepanjang tahun 2023 diantaranya pengamanan natal dan tahun baru, serta pengamanan arus mudik dan arus balik hari raya idul fitri,” kata Kapolda Jabar.

Apresiasi positif masyarakat terhadap jajaran lalu lintas Polda Jawa Barat juga terus meningkat, hal tersebut terkait erat dengan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui modernisasi berbasis teknologi informasi, seperti penyelenggaraan electronic registration and identification (eri), penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem electronic traffic law enforcement (etle), pelayanan sim online, samsat online, dan berbagai inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

Namun demikian,diharapkan berbagai capaian yang telah diraih tidak membuat jajaran lalu lintas Polda Jawa Barat cepat berpuas diri. Sebaliknya, justru menjadi pemacu semangat dan kinerja seluruh personel lalu lintas Polda Jawa Barat. Masih banyak tantangan tugas yang harus dihadapi, baik dalam aspek operasional maupun pembinaan.

“Jadikan tema peringatan hari lalulintas bhayangkara tahun 2023 “modernisasi pelayanan Polantas
presisi mengawal pemilu damai untuk Indonesia maju” sebagai momentum untuk terus meningkatkan kinerja. Laksanakan evaluasi terhadap berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas. Susun strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut, serta implementasikan secara konsisten dan berkelanjutan,” ucap Kapolda Jabar.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Jabar memberikan penekanan kepada segenap anggota Polisi lalu lintas Jajaran Polda Jawa Barat, yaitu anggota harus meningkatkan kinerja dan kemampuan kesatuan dengan berpedoman pada program program unggulan lalu lintas Polri untuk menjadi-kan Polisi lalu lintas lebih melayani sesuai program prioritas Kapolri yang presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan), dengan berdasarkan kaidah taat hukum, taat prosedur dan taat etika, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan pelayanan prima.

Tingkatkan kekompakan dan soliditas di jajaran kepolisian lalu lintas polri khususnya Polda Jawa
Barat, selalu bahu membahu mengatasi setiap hambatan dan rintangan dalam pelaksanaan tugas di lapangan serta mewujudkan polri yang presisi di ruang publik serta Berikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, lakukan penegakkan hukum secara profesional dan prosedural.

Wujudkan sinergitas dengan instansi lain sebagai pemangku kepentingan melalui implementasinya program unggulan keselamatan jalan decade of action guna menurunkan angka.kecelakaan serta fatalitas korban laka lantas serta tingkatkan kesiapan jajaran Kepolisian lalu lintas dalam menghadapi setiap tahapan pengamanan rangkaian pemilu serentak pada tahun 2024, untuk mewujudkan situasi kamseltibcar lantas menuju pemilu yang damai.

“Saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang tinggi, kepada seluruh mitra kerja dan pemangku kepentingan bidang lalu lintas, atas dukungan dan kerja sama dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah provinsi Jawa Barat,” tutup Kapolda Jabar.