Ketum FORKI Jabar Sambut Positif Tantangan Menggelar Kejuaraan Internasional


Bandung
– Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jabar, Gianto Hartono, menyambut positif permintaan PB FORKI yang meminta Jawa Barat menggelar kejuaraan karate tingkat internasional.

Sebagai informasi, tantangan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PB FORKI, Marsekal TNI (Purn), Hadi Tjahjanto, saat melantik kepengurusan FORKI Jabar masa bakti 2023-2027 di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (12/10/2023) malam.

Menurut Gianto, Jabar memiliki atlet-atlet yang berkualitas, kemudian didukung juga dengan pelatih serta jajaran kepengurusan yang hebat.

“Itulah kenapa pusat mengapresiasi apa yang sudah kita lakukan. Kalau untuk menggelar sebuah even internasional? Itu lebih mudah dibandingkan mendatangkan prestasi-prestasi dunia bagi atlet kita di Indonesia. Jadi kami siap,” kata Gianto.

Hal serupa juga disampaikan oleh, Wakil Ketua Bidang Pertandingan FORKI Jabar, Darly Siregar. Menurutnya, banyak faktor yang membuat Jawa Barat bisa menggelar kejuaraan internasional.

Selain itu, saat ini Indonesia sedang berusaha agar menjadi tuan rumah kejuaraan internasional pada tahun 2024 mendatang, di antaranya kejuaraan tingkat Asia atau Asian Karate Federation (AKF) serta kejuaraan tingkat dunia atau World Karate Federation (WKF).

“Rencana itu disambut baik Ketua Umum FORKI Jabar dan kita siap laksanakan di Bandung. Apalagi sekarang sudah ada kereta cepat sehingga dari sisi transportasi tidak jadi kendala,” ungkapnya.

“Luar negeri pun tanggapannya positif, karena ingin melihat sisi Indonesia yang lain, tidak hanya Jakarta,” kata Darly menambahkan.

Penentuan tuan rumah bagi dua kejuaraan internasional tersebut, menurutnya baru akan ditetapkan pada kongres yang digelar akhir tahun 2023.

“Kita akan berjuang pada kongres tersebut, karena beberapa negara pun mengusulkan diri menjadi tuan rumah. Semoga Indonesia ditetapkan menjadi salah satu tuan rumah kejuaraan tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana, menyambut baik permintaan agar Jawa Barat menggelar kejuaraan karate tingkat internasional.

Pasalnya, dengan demikian bisa meningkatkan prestasi atlet-atlet karate Jabar maupun Indonesia. Selain itu, diharapkan rencana tersebut bisa diikuti oleh cabang olahraga (cabor) lainnya di Jawa Barat.

“Ini sangat positif sekali. Kami berharap tidak hanya FORKI (karate) tapi juga di cabor lain harus seperti itu. Kejuaraan atau kompetisi ini menjadi salah satu momen untuk peningkatan prestasi olahraga,” ucap Budiana.